• MTSN 8 MAJALENGKA
  • MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

Seluruh Guru MTs Negeri 8 Majalengka Mengikuti AKM

Sejumlah guru di MTs Negeri 8 Majalengka mengikuti Asessment Kompetensi Minimum (AKM) yang dilaksanakan pada hari Rabu, 04 Maret 2020.

Adapun yang mengikuti sebanyak 30 orang  yang telah di daftar dan di arahkan langsung oleh proktor Zaeni Ahmad, S.Pd serta dipantau langsung oleh Kepala MTs Negeri 8 Majalengka beserta Kepala Tata Usaha.

Kepala MTs Negeri 8 Majalengka Drs.H Ajam, M.Pdi menjelaskan bahwa soal AKM diperkenalkan kepada para guru sebagai gambaran bagaimana mengelola proses pembelajaran kedepannya dan bagaimana melakukan penilaian dengan bentuk soal AKM.

Suasana yang terjadi saat proses AKM berlangsung semua peserta dengan tenang melakukan pekerjaannya, walaupun hal ini baru pertama dilaksanakan di tingkat pendidik, H. Sabur Gunawan, M.Pd sebagai guru PKN terkejut setelah login dan membaca soal-soal pada simulasi AKM. "Benar-benar sebuah kejutan, redaksi soalnya diluar ekspektasi, karena yang kita bayangkan adalah soal berkaitan dengan mata pelajaran yang kami ampu, ternyata bisa dikatakan soal simulasi AKM ini adalah soal lintas mata pelajaran. Menjawabnya pun ada yang dengan mencentang boleh lebih dari satu. Ada yang memilih salah atau benar, pilihan ganda, dan ada pula yang uraian. Untuk yang jawaban berupa uraian ini dibatasi jumlah karakternya," jelas H. Sabur.

Sementara itu, Dra. N. Qomariah sebagai Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak menyatakan adanya simulasi AKM ini sangat membantu guru dalam memprediksi dan merencakan arah pembelajaran tahun pelajaran ini. Seperti menceritakan bagaimana ia membaca dan mengisi soal soal dalam simulasi AKM ini. "Terkadang harus mengulang agar lebih mengerti. Ketika menjawab pun, kami terlebih dahulu harus membandingkan, mengidentifikasi, menganalisa dan juga menyimpulkan terhadap permasalahan yang ditanyakan. Hal itu tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa, kami benar-benar harus berkonsentrasi agar bisa menalar dengan baik," jelas N.Qomariah.

Selanjutnya soal AKM juga akan diperkenalkan kepada siswa yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun ini, sehingga ada kemungkinan pula bentuk-bentuk soal tersebut juga akan keluar saat UNBK utama nantinya, ujarnya.

Siti Maesyaroh, S.Pd Sebagai Wakasel Kurikulum MTs Negeri 8 Majalengka menambahkan AKM berisi soal - soal tentang literasi, numerasi dan pendidikan karakter Guru yang melakukan AKM bukan hanya guru Mata Pelajaran UNBK saja, tapi semua Guru diupayakan agar mengikuti AKM sehingga bisa menjadi gambaran dalam proses pembelajaran dan penilaian AKM.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MTs Negeri 8 Majalengka Melaksanakan Penilaian Akhir Tahun Untuk Siswa Kelas VII dan VIII Secara Online

Kertajati, Kepala MTs Negeri 8 Majalengka menyampaikan bahwa Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi siwa kelas VII dan VIII akan dilakukan secara online berbasis android. Persiapan sarana dan

08/06/2020 15:13 WIB - MTsN 8 Majalengka
PENGGUNAAN E-LEARNING DI MTSN 8 MAJALENGKA SEBUAH SOLUSI BELAJAR JARAK JAUH DALAM MASA TANGGAP DARURAT COVID 19

Kertajati, Seiring dengan adanya kebijakan pemerintah dalam menanggulangi COVID 19 maka diberlakukan apa yg disebut Work From Home dan Home Learning artinya bekerja dirumah dan belajar

08/04/2020 23:14 WIB - MTsN 8 Majalengka